+ -

Pages

Search This Blog

Quote Today

"By the power of truth, I while living have conquered the universe"

Friday, June 14, 2013

Sukses, kemana perginya engkau?

Terinspirasi dari sebuah kisah di zaman Rasulullah SAW, kisah seorang sahabat bernama Tsa’labah. Tsa’labah adalah seorang muslim yang taat namun miskin keadaannya. Pada suatu hari Tsa’labah mengunjungi Rasulullah SAW untuk minta didoakan agar menjadi orang berharta, namun Rasulullah SAW berulang kali menolak mendoakan Tsa’labah. Karena Tsa’labah terus meminta kepada Rasulullah SAW untuk didoakan maka akhirnya Rasulullah SAW mendoakannya agar menjadi orang yang berharta. Tidak lama setelah itu datanglah keajaiban, ternak milik Tsa’labah berkembang dengan sangat cepat. Dalam waktu yang cukup singkat, kota menjadi ramai dengan kambing-kambing ternak milik Tsa’labah yang jumlahnya kini sangat banyak. Singkat cerita Tsa’labah kesulitan merawat ternak-ternaknya sampai akhirnya perlahan Tsa’labah mulai meninggalkan solat jamaah di masjid, fatalnya setelah sekian lama Tsa’labah sampai pernah meninggalkan solat.
Ada hikmah yang bisa diambil dari setiap kisah. Pernahkah kita bertanya-tanya kenapa seringkali seseorang atau bahkan kita sendiri sulit menjadi orang yang sukses? Coba direnungkan, mungkin bukan karena Allah Yang Maha Pengasih tidak ingin memberikan kita kesuksesan, boleh jadi karena memang kita belum sanggup menerima kesuksesan tersebut. Bisa saja ketika atas karunia Allah kita dijadikan orang yang sukses, kita malah lupa kepada-Nya. Allah takut kita disibukan dengan hal-hal duniawi yang tiada ujungnya, didalam hati kita hanya ada harta, tahta, eksistensi, beserta segala kemewahan dunia padahal disisi Allah-lah tempat kembali kita, tanpa sedikitpun sesuatu dari dunia untuk dibawa kecuali amalan baik. Buat mahasiswa yang kuliah ataupun yang kini sedang bekerja, tidak perlu bingung ketika belum mencapai kesuksesan akademiknya ataupun kesuksesan karirnya. Barangkali memang kita belum siap untuk sukses, Allah takut kita lupa terlalu jauh. Jadi pastikan diri kita siap dulu menerima kesuksesan sebelum menuntut sukses.
5 The Janissaries: Sukses, kemana perginya engkau? Terinspirasi dari sebuah kisah di zaman Rasulullah SAW, kisah seorang sahabat bernama Tsa’labah. Tsa’labah adalah seorang muslim yang taat ...

No comments:

Post a Comment

< >