+ -

Pages

Search This Blog

Quote Today

"By the power of truth, I while living have conquered the universe"

Monday, March 4, 2013

Pemimpin

Menjadi pemimpin itu memang amanah yang sangat berat. Sahabat Rasulullah Saw pun menangis ketika mendapatkan amanah yang sangat berat seperti ini. Lalu kenapa orang sekarang kok tampaknya gila kekuasaan? Semuanya rame-rame daftar buat jadi pemimpin negara, udah gitu saling sikut juga, saling dorong dan menjatuhkan buat dapet posisi diatas. Lantas jadinya kan kita bertanya-tanya “Terus gw pilih yang mana dong kalau gitu?”. Jangan khawatir, walaupun kita sulit mendapatkan pemimpin seperti di masanya para Sahabat setidaknya kita masih bisa memilih yang mendingan diantara mereka. Hehe
“Caranya gimana?” Nah berikut adalah beberapa kriteria pemimpin dalam Islam yang diambil dari kitab Al-Islam, Said Hawwa.
  • Seorang Pemimpin Harus Beragama Islam
    Tugas seorang pemimpin dalam Islam yaitu menegakan agama islam dan mengarahkan politik Negara sesuai dengan aturan-aturan Islam. Barangkali sudah jelas yang beginian ini hanya bisa dilakukan oleh seorang muslim yang meyakini agamanya dengan sungguh-sungguh, mengetahui dasar-dasar dan petunjuk Islam.

    “Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali (Wali jamaknya auliyaa, berarti teman yang akrab, juga berarti pemimpin, pelindung atau penolong) dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Barangsiapa berbuat demikian niscaya lepaslah ia dari pertolongan Allah”
    (Ali Imran:28)
  • Laki-laki
    “Tidak akan sukses suatu kaum yang memasrahkan (kepemimpinan) mereka kepada wanita”
    (HR Bukhari, Tirmidzi, Nasa’I dan Ahmad)

    Kalau baca hadist ini mungkin sebagian cewe ada yang baru tau dan ngerasa, “kok gitu sih, kok dibeda-bedain, gender bet!!” Tenang aja.. Allah mana ada salah sih? Allah menciptakan laki-laki dan perempuan dengan kelebihannya masing-masing, tujuannya saling melengkapi kok. Untuk pembahasan lebih rincinya temen-temen boleh baca kitab Al-Islam Said Hawwa di Bab “Hakikat Laki-laki & Perempuan”
  • Akil Balig
    Sudah barang tentu seorang pemimpin itu harus Akil Balig. Ga boleh tuh anak kecil, Orang hilang ingatan, orang sakit jiwa mimpin Negara. Bayangin aja kalau Boyband Coboy Junior pada nyalon jadi Gubernur Jabar, temen-temen mau? Hehe. Kenapa ga boleh? Soalnya anak kecil, orang sakit jiwa, dan hilang ingatan tidak diminta pertanggung jawaban sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah saw.

    “Pena (pencatat amal) di angkat (tidak digunakan untuk mencatat amal) tiga golongan: anak kecil hingga ia sampai masa akil balig, orang yang tidur hingga ia bangun, dan orang gila hingga ia sadar. (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

    Orang yang belum bisa menanggung dan bertanggungjawab atas diri sendiri, sudah jelas tidak mungkin bertanggung jawab atas diri orang lain.
  • Pandai
    Tentunya pemimpin harus pandai. Ada beberapa hal yang harus dikuasai seorang pemimpin. Yaitu ilmu Islam, pengetahuan ilmiah yang luas, pengetahuan umum, sejarah dan pengetahuan tentang Negara di dunia, undang-undang, politik, dan perdagangan Internasional.
  • Adil
    Dalam memimpin banyak orang tentunya akan bersinggungan dengan tipikal dan keadaan yang bermacam-macam, tentunya ini menuntut seorang pemimpin berlaku adil.
  • Mempunyai Kemampuan
    Kalau dalam memimpin ga boleh modal nekat ya, hehe pastikan temen-temen tau pemimpin mana yang bener-bener berkemampuan.
  • Sehat Jasmani
    Sebagian ulama mensyaratkan bahwa seorang pemimpin haruslah sehat dan tidak cacat karena dikhawatirkan akan mengganggu kemampuan kerja.
  • Syarat Tambahan
    Syarat tambahan ini boleh ada, ketika kondisi menuntut ditambahnya syarat karena demi kemaslahatan umum. Misalnya pemimpin harus memiliki tingkat pendidikan sejauh apa. Semuanya ditetapkan dengan musyawarah.

Setelah tau kriteria nya seperti apa kita sudah bisa lebih cerdas dong dalam memilih pemimpin kita, usahakan kita cari tau dulu sebanyak-banyaknya ya tentang orang yang mau kita pilih. Jangan pernah melihat seseorang dari “tampaknya” “kayaknya” atau “katanya”. Pastikan dan bismillah, pilih!!
Semoga Allah memaafkan atas segala kesalahan yang ada dalam artikel ini. Hanyalah Allah yang Maha Sempurna.
5 The Janissaries: Pemimpin Menjadi pemimpin itu memang amanah yang sangat berat. Sahabat Rasulullah Saw pun menangis ketika mendapatkan amanah yang sangat berat s...

1 comment:

swaggyberry said...

Apa seorang wanita bisa jadi seorang pemimpin ?

Post a Comment

< >