+ -

Pages

Search This Blog

Loading...

Quote Today

"By the power of truth, I while living have conquered the universe"

Monday, December 12, 2011

Turangga VS Mutiara Selatan

Indonesia punya banyak moda transportasi. Salah satunya adalah kereta api. Moda transportasi ini dikelola oleh PT KAI alias PT Kereta Api Indonesia. Dari sekian banyak moda transportasi, kereta banyak digemari masyarakat Indonesia. Banyak hal membuat moda transportasi ini tidak pernah sepi penumpang.Dari mulai harga tiket, fasilitas, waktu tempuh, kendaraan yang satu ini bisa dibilang punya banyak kelebihan.
                Saya pribadi adalah salah satu orang yang gemar menggunakan moda transportasi ini. Terutama jika harga tiket pesawat sedang melambung tinggi diatas 500rb rupiah. Nah, kalau sudah begitu kereta api lah alternatifnya. Karena saya kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember berarti kereta yang saya pakai adalah kereta jurusan Bandung-Surabaya. Tentu mereka adalah Mutiara Selatan dan Turangga.
Turangga
Mutiara Selatan
                Sekedar opini, saya mau menyampaikan pengalaman-pengalaman saya menaiki kereta ini dan mudah-mudahan menjadi tips bagi orang surabaya yang mau berlibur ke kota mojang parahyangan alias kotanya wanita cantik. Kata orang banyak sih begitu, dan sepertinya memang demikian.
                Perbandingan dari fasilitasnya. Kereta Turangga adalah kereta Executive Class. Fasilitasnya mulai dari sebuah kursi sofa, selimut, bantal, AC, TV, pintu gerbong otomatis, sampai stopkontak pun ada. Ruangan di dalam gerbong kereta turangga di desain nyaman, sedikit sekali getaran bahkan hampir vakum terhadap suara luar. Sedangkan kereta Mutiara Selatan adalah kereta Bussiness Class. Fasilitasnya kursi penumpang biasa, selimut/bantal bayar lagi 4rb rupiah, kipas angin. Ruangan di dalam gerbong Mutiara Selatan tidak mewah, biasa saja namun tetap tertata rapi.
                Dari harganya perbedaannya cukup lumayan. Untuk hari-hari biasa tiket kereta Turangga dijual seharga 235-250rb rupiah dan pada akhir pekan tiket melambung dari 275-290rb. Sedangkan untuk kereta Mutiara Selatan harganya cukup ekonomis, hanya 165-180rb di hari biasa dan 195-210rb di akhir pekan atau hari libur.
                Walaupun demikian, kedua kereta ini hampir bisa dibilang sama cepatnya dalam urusan waktu tempuh. Dari 14-15 jam waktu tempuh. Hanya selisih 30-60 menit menempuh perjalanan Bandung-Surabaya.
                Sebenarnya mudah untuk menentukan pilih yang mana. Buat anda yang dalam perjalanan kerja, bisnis, dan keperluan non-hiburan saya sarankan naik Mutiara Selatan saja, toh, waktu tempuhnya tak jauh berbeda. Namun buat anda yang mau jalan-jalan nih misalnya ke Bandung Kota Kembang dan dalam rangka liburan bersama keluarga lebih baik pakai turangga dan nikmati perjalanan anda. Intinya sih kedua kelas kereta ini sama bagusnya tinggal soal keperluannya saja disesuaikan. Dan yang penting sesuaikan pilihan anda dengan doku, cekat alias keuangan kita. Itu yang penting.
5 The Janissaries: Turangga VS Mutiara Selatan Indonesia punya banyak moda transportasi. Salah satunya adalah kereta api. Moda transportasi ini dik...

8 comments:

bondet blog said...

turangga saja

ayu nastiti said...

mutiara selatan :D

Haidar Rausyanfikr said...

naik pesawat saja. wkwk
naik apa aja yang penting sampai.

Terimakasih kunjungannya.
Ayo main ke Bandung.
Dijamin ga nyesel, bakal balik lagi balik lagi. hehe

Aldo K. W said...

Naik kereta dingin banget dar, gak tahan..
tapi mau gimana lagi, naik bis kelamaan, naik pesawat ga ada bandaranya ==a

Haidar Rausyanfikr said...

@ Aldo K. W
Tapi enak do, kalau kamu ke Bandung naik kereta. Sekitar jam 4 pagi itu sampai daerah garut. Pemandangannya luar biasa bro. Saya biasanya duduk di pinggir pintu, pintunya di buka (mutiara selatan)

GN said...

Mohon infonya. Kalo naik mutiara selatan biasanya nyampe bandung jam berapa? kl d jdwal kan jam 5.50an gitu. Aku butuh ke bandung ni, tapi jam 7 dah hrs stay di itenas. Suka nelat gak mutsel-nya? Bagi infonya ya misal tahu.

Haidar Rausyanfikr said...

@GN
sampai Bandung jam 6 pagi. View nya bgaus waktu di garut. Selamat berlibur maaf telat reply. :)

nopanngluyur said...

kalo saya suka naik ekse yg promo. kalo gak promo ya naik ekonomi aja. hehehe

Post a Comment

< >