+ -

Pages

Search This Blog

Quote Today

"By the power of truth, I while living have conquered the universe"

Friday, December 23, 2011

Mengapa Eco-Campus dicanangkan di ITS?

            Berdasarkan sumber yang saya dapat dari ITS. Ada beberapa alasan mengapa Eco-Campus dicanangkan di ITS, diantaranya :
  1.  Jaringan listrik di ITS melayani kebutuhan akademik baik untuk pengajaran, penelitian, dan aktivitas perkantoran, aktivitas penunjang lainnya. Dalam satu tahun, total konsumsi energi listrik di ITS adalah 8.687.480 kWh/tahun atau rata-rata 724.000 kWh/bulan. Biaya yang dibayarkan ITS adalah Rp.500.000.000/bulan atau 6 Milyar/tahun. Selain itu konsumsi listrik ini setara dengan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 3.650.000 kg CO2/tahun.
  2. Instalasi air bersih di ITS, memegang peranan sangat penting dalam kegiatan akademik seperti kegiatan laboratorium. Kegiatan penunjang juga banyak membutuhkan air bersih. Dalam satu bulan, total biaya yang dibayarkan oleh ITS untuk air bersih adalah sebesar Rp. 300.000.000/bulan atau 3.6 Miliyar/Tahun.
  3. Sampah yang dihasilkan dari aktivitas akademik maupun non-akademik di ITS berkolerasi dengan jumlah civitas akademika serta kegiatan yang ada di dalamnya. Sampah yang dihasilkan dari kegiatan akademik ITS yang sudah tertangani setara dengan dua bak kontainer sampah dengan kapasitas 6 m3/hari atau 2.200 m3/bulan. Sampah kertas yang dihasilkan di ITS yang dihasilkan dari kegiatan akademik rata-rata 150 Kg/hari atau 4.5 Ton/bulan setara dengan menebang pohon sebanyak 108/bulan (1 Ton kertas setara dengan 24 pohon).
Hal-hal diatas adalah yang melandasi kenapa harus ada program Eco-Campus di ITS. Inilah fakta, oleh karena itu menjaga lingkungan sangatlah penting.
5 The Janissaries: Mengapa Eco-Campus dicanangkan di ITS?             Berdasarkan sumber yang saya dapat dari ITS. Ada beberapa alasan mengapa Eco-Campus dicanangkan di ITS, diantaranya :  Jaringan...

No comments:

Post a Comment

< >